Kegiatan Ilmiah


Tantangan  pasar bebas dengan bingkai Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah bergulir pada tahun 2016. Semua negara di kawasan Asia tenggara berkompetisi untuk meningkatkan kulitas kehidupan diberbagai aspek, baik ekonomi, sumber daya manusia, dan pendidikan. Sumber daya manusia yang kompetitif merupakan modal dasar untuk bertahan dan berkembang pada era MEA ini. Hal tersebut menjadi tantangan besar bagi dunia pendidikan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas serta mampu bersaing dan unggul.

logoSelain itu, ketatnya persaingan antar profesi menjadikan kompetensi dan keahlian menjadi suatu hal yang mutlak untuk dimiliki, untuk memenuhi tuntutan  kompetensi profesi konselor serta pendidik yang memahami psikologis siswa.  Selaras dengan Visi Jurusan BK FIP UNNES menjadi program studi yang unggul dalam mendidik calon guru Bimbingan dan Konseling yang berwawasan lingkungan sosial, multikultural, dan konservasi, sehingga mampu bersaing di tingkat nasional dan global pada tahun 2020, maka diadakanlah Seminar internasional dengan tema “1St SEMARANG STATE UNIVERSITY INTERNATIONAL  CONFERENCE ON CONSELING AND EDUCATIONAL PSYCHOLOGY (SICCEP) 2016”.

Disisi yang lain kami menyadari, banyak masalah-masalah sosial yang terjadi di Indonesia, seperti masalah-masalah terkait dengan budaya, kekerasan di sekolah, masalah-masalah pada populasi khusus atau kelompok minoritas, pelecehan seksual, dan lain sebagainya. Semua masalah tersebut harus diatasi dan sebagai salah satu profesi perbantuan bimbingan dan konseling bertanggung jawab untuk bertindak menanggulanginya.

Pada tahun 2016 profesi bimbingan dan konseling telah berkiprah selama lebih dari 50 tahun di Indonesia. Sejak kemunculannya profesi ini tetap terus berkembang diikuti pula dengan banyak inovasi yang berdampak secara signifikan terhadap berkembangnya teori, metode dan aplikasi praktik. Pada penyelenggaraan seminar ini kita akan memfokuskan pada pembahasan tema besar “DEVELOPING AND INNOVATION ON HELPING PROFESSION FOR BETTER LIFE” dengan 22 sub tema dari berbagai perspektif keilmuan yang terkait.

Untuk informasi lebih jauh dapat dikunjungi pada laman conference pada link berikut :

http://counselingunnes.com

Download

Poster Conference

Brosur Conference