Himpunan Mahasiswa


Organisasi kemahasiswaan merupakan salah satu wahana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dalam kegiatan non akademik baik dari keorganisasian, kerjasama dan peningkatan kecendekiawanan serta integritas kepribadian

1052480_635319096486885_1337582146_oKegiatan ekstra kurikuler mahasiswa terwadahi dalam beberapa lembaga kemahasiswaan intra kampus maupun ekstra kampus. Kegiatan intra kampus di bidang organisasi antara lain melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) tingkat Universitas dan Fakultas dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HIMA BK). Di bidang kesenian dan olah raga terwadahi melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Selain memberikan peluang bagi mahasiswa dalam pengembangan diri melalui kegiatan berorganisasi, kegiatan tersebut juga berperan dalam menunjukkan eksistensi Program Studi dalam kegiatan kemahasiswaan di kampus. Semua kegiatan ekstra kurikuler yang dapat mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk menunjang profesinya diserahkan sepenuhnya kepada HMJ di bawah pendamping kemahasiswaan di Jurusan BK dan pengawasan PD III Fakultas Ilmu Pendidikan.

Mahasiswa muslim menjadi mayoritas di Prodi S-1 BK dan Unnes, oleh karena itu, disediakan organisasi khusus yang dapat menampung aspirasi mereka. Organisasi tersebut bernama Kerokhanian Islam (Rohis) yang banyak melakukan berbagai kajian kerohanian. Melalui kegiatan ini mahasiswa dapat menambah wawasan tentang Islam modern yang inklusif dan moderat. Selain itu, terdapat kegiatan kemahasiswaan yang lain yang terbentuk untuk mefasilitasi bakat dan minat mahasiswa seperti :

CONCIOUS (Counseling Cinema Of Unique Self) yang berperan sebagai wadah bagi mahasiswa yang menyukai sinematografi dan membantu jurusan membuat media pembelajaran bimbingan dan konseling.

CEC (Counseling Education Community) yang berperan sebagai wadah bagi mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan dan bakat serta minat dibidang karya ilmiah dan kompetensi akademik lainya.

BIKONSPALA (Bimbingan Konseling Pecinta Alam)komunitas pecinta alam bagi mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling yang merupakan salah satu wadah dalam pelaksanaan konservasi sebagai wujud peduli terhadap lingkungan

B’COUSTIC (Bimbingan dan Konseling Akustik) , komunitas mahasiswa BK FIP Unnes yang bergerak dibidang seni musik dan tarik suara.

LENSA (Lentera Sastera) komunitas pecinta dan penggitat sastra mahasiswa bimbingan dan konseling.

GC Sport (Guidance and Counseling Sport) komunitas mahasiswa dengan hobi dan minat berolahraga baik volley ball, basket, futsal, sepakbola, dan olahraga lainnya

Pada tingkat fakultas ilmu pendidikan terdapat organisasi kemahasiswaan BEM, DPM, Pramuka, Rohis dan GS2 (Green Scientist Society) yang bergerak dalam bidang karya ilmiah dalam rangka menambah wawasan keilmuan tentang layanan bimbingan, mahasiswa memerlukan adanya jalinan dengan lembaga pendidikan sekolah.