Mahasiswa Pendidikan Profesi Konselor UNNES lakukan Konseling Krisis


Dalam rangka pemantapan penguasaan kompetensi mahasiswa Pendidikan Profesi Konselor Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNNES terutama kemampuan memberikan layanan konseling krisis, hari Jumat dan Sabtu tanggal 24 – 25 Maret 2017 bertempat di Dukuh Kenjuran Desa Purwosari Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal melakukan kegiatan yang bertajuk Bhakti Profesi. Sasaran kegiatan masyarakat, guru dan siswa sekolah dasar. Bentuk kegiatannya konseling perorangan, bimbingan kelompok, dan play therapy.

Pemilihan lokasi di Dukuh Kenjuran Desa Purwosari Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal  karena daerah tersebut terkena bencana banjir bandang mengakibatkan beberapa rumah hanyut terbawa banjir  dan juga barang-barang lainnya. Kondisi krisis dialamai warga baik orang tua, remaja dan anak-anak. Kegiatan ini bekerjasama dengan UPTD Pendidkan Kecamatan Sukorejo. Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Sukorejo Widodo Dwi Purwanto, S.Pd., M.Pd. menyatakan kegiatan konseling krisis sangat dibutuhkan warga dan darah bencana termasuk wilayah kerjanya maka berinisiatif menggandeng mahasiswa Pendidikan Profesi Konselor UNNES untuk melakukan kegiatan tersebut.

Kegiatan di Dukuh Kenjuran diawali dengan penerimaan di Masjid oleh Kepala Desa Purwosari Miadi, tokoh masyarakat dan Imam Masjid. Sasaran kegiatan masyarakat terdampak langsung yang rumahnya hanyut dan barang-barang hanyut atau prosentasi kehilangan harta benda termasuk ternak paling banyak. Kepada korban dilaksanakan konseling krisis melalui konseling perorangan dan bimbingan kelompok topik tugas, tema Bencana Pasti Berlalu. Masyarakat sangat antusias mengkuti kegiatan dan menyatakan sangat terima kasih atas kepeduliannya mau datang ke dukuhnya sekaligus sebagi tempat untuk bercurhat dan mau memberikan penguatan.

Kegiatan dengan anak-anak dilakukan di SDN Purwosari 01 sasaran siswa kelas I – VI dan guru-gurunya. Jenis kegiatan untuk siswa play therapy untuk mengurangi kecemasan. Sedangkan untuk guru-gurunya melalui kegiatan bimbingan kelimpok. Kepala SDN Purwosari 1 Julaeli, Ama.Pd. menyambut antusias dan memberikan penghargaan yang stinggi-tingginya atas kepedulian Pendidikan Profesi Konselor Jurusan BK FIP UNNES mau mengadakan kegiatan di puncak gunung Perahu. Harapannya bisa terjalin kegiatan lain di masa mendatang. Kegiatan konseling krisis ini didampingi dosen pembimbing Konselor Kusnarto Kurnaiwan dan Konselor Afriyadi Sofyan

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *